Pantai Karang Paranje Cibalong Garut

Garut selatan memiliki beberapa pantai,salah satunya adalah Pantai Karang Paranje yang berada di Kecamatan Cibalong,Pameungpeuk Garut,Jawa Barat Indonesia.Pada dekade belakangan ini Karang Paranje semakin dikenal sebagai salah satu Tempat Wisata di Garut yang cukup menarik perhatian para wisatawan yang senang akan Wisata Pantai yang menjadi bagian dari Tempat Wisata di Indonesia ..

Pantai Karang Paranje Cibalong Garut ini memang menjadi salah satu Pantai di Garut Selatan yang saat ini semakin tenar sebagai sebuah tujuan Wisata di Garut. Beberapa petualang tentu belum pernah kan kepantai yang disebut wisata andalan Garut itu. Bila beberapa pendatang dan turis yang ke sini tentu gak bakal terlupakan, lantaran di pantai itu ada keunikan-keunikan sendiri. Pantai Karang Paranje ada di Kecamatan Cibalong, Kabupaten Garut.

Beberapa Petualang tau gak kekhasan dari Pantai Karang Paranje itu? usut mempunyai usut nyatanya nih di lingkungan pantai itu ada banyak tanaman pandan bidur yang dapat digunakan daunnya untuk jadikan beragam kerajinan anyaman oleh orang-orang lebih kurang. Ada juga beragam potensi wisata seperti perahu, fotografi, berjemur serta macam-macam berolahraga air.

Bahkan juga banyak yang berendapat pantai itu serupa dengan obyek wisata tanah lot di pulau dewata. Sayangnya, wisata pantai karang paranje yang masih tetap alami itu kurang memperoleh perhatian dari pemerintah. Pantai itu mempunyai temperatur pada 17 – 27°C.

Cahaya matahari di pantai itu rata-rata terik serta miliki tiupan angin yang besar. Pantai itu miliki potensi wisata berbentuk keindahan alam pantai dengan terdapatnya gugusan karang di pinggir pantai, hingga pantai itu mempunyai kekhasan serta daya tarik sendiri. Di pantai ini bisa juga di nikmati situasi sore yang eksotis dari matahari tenggelam (sunset) dengan cara terang.

Beberapa wisatawan lokal yang ke sini pastinya akan sukai. Lantaran Pantai itu mempunyai konfigurasi tempat datar dengan kemiringan yang landai dan kestabilan tanah serta daya serap tanah yang baik. Type material tanah pesisir pantai berbentuk pasir halus berwarna putih serta gugusan batu karang yang membantang di daerah pesisir pantai. Perairan pantai berwarna biru, dengan bau air serta temperatur yang normal, dan kemiringan basic laut yang tengah.

Pantai itu termasuk juga dalam kelompok pantai yang stabil lantaran tingkat abrasi yang kecil serta mempunyai tinggi gelombang rata-rata sebesar 1-2 m. Rumput laut adalah flora laut yang menguasai, sedang fauna laut yang menguasai yaitu ikan kecil, kerang serta siput. Satu diantara keindahan pantai Karang Paranje yaitu pasir yang berwarna putih bersih dengan panjang pinggir pantai kian lebih 2. 000 mtr. serta lebar 100-200 mtr..

Untuk daerah pinggir pantai flora dominannya yaitu pandan bidur yang daunnya bisa digunakan sebagai bahan untuk bikin anyaman. Kwalitas serta kebersihan lingkungan pantai termasuk baik, lantaran pantai itu memanglah belum tersentuh pembangunan fasilitas sekali.

Beberapa pendatang yang mau ke sini janganlah cemas, lantaran dapat meniti perjalanan dari kota Garut ke terminal Pameumpek. Kemudian Beberapa penelusur menuju pantai itu. Dapat memakai tranfortasi umum, jalan akses dengan lebar 2 mtr. yang mempunyai kwalitas jalan yang cukup, dan jalan setapak selebar 0, 5-1 m dengan kwalitas cukup.

Untuk meraih ke pantai Karang Paranje, bidang transportasi yang mendukung yang melalui lokasi diantaranya : bus, ojeg (yg tidak terjadwal), serta angkutan kota yang mempunyai jadwal saat operasi dari jam 5 pagi sampai jam 5 sore. Untuk tarif angkutan bisa anda saksikan di awah itu :

Bis Umum dengan tarif Rp. 12000/orang
Bis kota dengan tarif Rp. 10000-15000/orang
Garut – Pameungpeuk Rp. 10000
Bandung – Pameungpeuk Rp. 15000
Angkot dengan tarifRp. 5000 – 6000/orang
Ojeg dengan tarifRp. 25000/orang. namun saat tempuh semakin lebih baik bila membawa kendaraan pribadi (harga setiap saat beralih).

Pada umumnya di pantai itu tak diketemukan beragam bentuk pencemaran (air, hawa, serta tanah), dan tak ada vandalisme serta pencemaran sampah. Serta pantai itu mempunyai visabilitis bebas, serta tingkat kebisingan yang rendah.
Pantai Karang Paranje Cibalong Garut Pantai Karang Paranje Cibalong Garut Reviewed by Admin on Januari 20, 2016 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.